Sabtu, 07 April 2012

Data Warehouse



 Pengertian Data Warehouse

- Menurut W.H. Inmon dan Richard D.H., data warehouse adalah koleksi data yang mempunyai sifat berorientasi subjek,terintegrasi,time-variant, dan bersifat tetap dari koleksi data dalam mendukung proses pengambilan keputusan management.

- Menurut Vidette Poe, data warehouse merupakan database yang bersifat analisis dan read only yang digunakan sebagai fondasi dari sistem penunjang keputusan.

Data Mart

 Data Mart adalah fasiltas penyimpan data yang berorentasi pada Subject tertentu atau berorentasi pada Departemen tertentu dari suatu organisasi, fokus pada kebutuhan Departemen tertentu seperti Sales, Marketing, Operation atau Collection. Sehingga suatu Organisasi bisa mempunyai lebih dari satu Data Mart.

OLAP

OLAP : Semua informasi baik detail maupun hasil summary yang dibutuhkan dalam proses analisa mudah didapat.OLAP mendayagunakan konsep data multi dimensi dan memungkinkan para pemakai menganalisa data sampai mendetail, tanpa mengetikkan satupun perintah SQL.

Dimension Table

Dimension table berada dalam staging database dan berisidata yang akan digunakan untuk mengelompokkan nilai yang diringkas. Dimension tabel berisi primary key dan atribut lain yang mendeskripsikan entiti yang tersimpan dalam tabel. COntohnya : Tabel customer yang berisikan informasi Kota, Negara dan Kode Pos untuk memungkinkan analisa sales secara geografis, atau sebuah tabel produk yang berisikan kategori dan product lines untuk membreak down perhitungan sales.

Fact Tamble

Sebuah fact table berada dalam staging database dan berisi informasi dasar yang akan dirangkum. Hal ini mungkin diminta berdasarkan detail informasi, arsip payroll, informasi keefektifan obat, atau hal lain yang disetujui untuk menjumlahkan dan merata-ratakan. Beberapa tabel yang anda gunakan dengan fungsi Sum atau Avg dalam total query adalah baik untuk fact table. Fact tables berisi fields untuk individual facts serta foreign key fields tergantung pada fakta-takta yang berkaitan dengan dimension tables.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar